Alifah Alif Ayli Yoes
Kamis, 29 September 2016 «» Pukul 08.07.00

CARA MENGHITUNG NILAI RATA RATA SEMESTER

Bulan ini kita sedang melaksanakan ulangan umum semester (UUS) atau Ulangan Akhir Semester (UAS). Siswa sering menyebutnya sebagai ujian naik kelas. Oke, formulasi umum nilai raport (NR) semester adalah: (x).NH + (y).UTS + (z).UUS. Bagaimana cara menggunakan formula ini? Mari kita coba membuat sebuah contoh penghitungan nilai raport. 

Misalnya, mata pelajaran A mempunyai KKM 70. Seorang siswa telah menjalani ulangan harian sebanyak 3 kali, masing-masing memperoleh nilai 60, 75, 65. Kemudian 3 kali tugas masing-masing mendapat nilai 80, 70, 85. Selanjutnya ujian tengah semester (UTS) memperoleh nilai 65. Andaikata, pada UUS bulan depan mendapat nilai 75 dan persentase penilaian untuk komponen nilai harian (NH)= 70 %, UTS=10 % dan UUS= 20 %, berapakah nilai raport (NR) siswa dan apakah ia tuntas pada mata pelajaran A tersebut?

Penyelesaian:
1. Rata-rata UH= (60 + 75 +65)/3 = 66,6 dan rata-rata tugas (80 + 70 +85)/3 = 78,3 sehingga nilai harian (NH) siswa adalah: rata-rata UH + rata-rata Nilai Tugas = (66,6 + 78,3)/2 = 72

2. Berdasarkan formula yang ada dan ketentuan penilaian semester menurut kurikulum sekolah yang bersangkutan, maka diperoleh:

NR = 70%(72) + 10%(65) + 20%( 75)
=0,7(72) +0,1(65) +0,2(75)
=50,4 + 6,5 + 15
=71,9

3. Nilai raport siswa adalah 71,9 dan telah tuntas pada mata pelajaran A karena KKM = 70

Untuk dapat melakukan penghitungan seperti formula di atas, maka setiap siswa harus mendapat informasi tentang KKM setiap mata pelajaran dan menyimpan setiap hasil ulangan dan tugas yang ada. Jika tidak demikian, niscaya sulit menghitung sendiri nilai yang akan diperoleh pada raport semester mendatang.

cara ke dua

Rumus  Konversi  Penilaian Rapot
( Halaman 114)
1.       Penilaian Kompetensi Pengetahuan
Terdiri dari:
a.       Nilai Ulangan Harian (NH)  diperoleh lewat tes tulis (uraian dan PG),  tes lisan, tugas.
b.      Nilai Ulangan Tengah Semester (UTS)
c.       Nilai Ulangan Akhir Semester (UAS)
 Rentang nilai Kompetensi Pengetahuan
  Tabel 2 : Rentang Nilai Kompetensi Pengetahuan
No.
Nilai
Predikat
1
0,00 ˂     Nilai          1,00
D
2
1,00   ˂      Nilai          1,33
D+
3
1,33   ˂      Nilai          1,66
C-
4
1,66   ˂      Nilai          2,00
C
5
2,00   ˂     Nilai          2,33
C+
6
     2,33   ˂    Nilai          2,66
B-
7
       2,66     ˂   Nilai         3,00
B
8
            3,00   ˂  Nilai           3,33
B+
9
   3,33    ˂      Nilai          3,66
A-
10
   3,66    ˂      Nilai          4,00
A
Skala nilai 0 sd 100
Pembobotan nilai
-          NH   : 2
-          UTS  : 1
-          UAS : 1
Rumus:
                 
                   Jumlah nilai (NH, UT, dan UAS)
                  -------------------------------------------- x 4
                   Jumlah nilai maksimal
Contoh
Nilai Kevin Pandoyo memperoleh nilai pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dalam bidang pengetahuan:
Jenis Nilai
Nilai
1
Nilai
2
Nilai
3
Nilai
4
Bobot
Rata-rata
Jumlah
NH
85
86
87
86
2
86
172
UTS
82
1
92
  92
UAS
81
1
89
 89
Jumlah
4
-
353
Maka Kevin Pandoyo akan mendapatkan nilai berdasarkan rumus, adalah:
353
-------- x 4   = 3, 56    Jadi nilai konversinya adalah   A-
400
Dengan demikian bentuk deskripsinya:
Sudah menguasai seluruh kompetensi dengan baik. Hal ini didasarkan pada pemerolehan nilai baik ukangan haria,  pengamatan dan nilai proses
2.       Penilaian keterampilan
(Rumus dan cara pengkonversian sama dengan Pengetahuan)
Terdiri dari:
a.       Nilai Praktik
b.      Nilai Portofolio
c.       Nilai Proyek
Contoh
Nilai Kevin Pandoyo memperoleh nilai pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dalam  bidang keterampilan:
d.       
Jenis Nilai
Nilai
1
Nilai
2
Nilai
3
Nilai
4
Bobot
Rata-rata
Jumlah
Praktik
80
2
80
160
Portofolio
75
1
75
  75
Proyek
80
1
80
 80
Jumlah
4
315
Maka Kevin Pandoyo akan mendapatkan nilai berdasarkan rumus, adalah:
315
-------- x  4   =  3, 15    Jadi nilai konversinya adalah    B+
400
Dengan demikian bentuk deskripsinya:
Sudah   baik dalam mengerjakan praktik dan proyek, namun masih perlu ditingkatkan kedisiplinan merapikan tugas dalam sat potofolio.
3.       Penilaian sikap ( Halaman 117)
Terdiri dari:
a.       Penilaian observasi
b.      Penilaian diri sendiri
c.       Penilaian antarpeserta didik
d.      Jurnal catatan guru
a.              Nilai Observasi diperoleh dari hasil Pengamatan terhadap Proses sikap tertentu pada sepanjang proses  pembelajaran satu Kompetensi Dasar (KD)
b.             Untuk penilaian Sikap Spiritual dan Sosial (KI-1danKI-2) menggunakan nilai Kualitatif seperti pada tabel 3 sebagai berikut:
c.              Tabel 3 : Rentang Nilai Kompetensi Sikap
No.
Skor
Predikat
1
Skor ≤ 1,33
Kurang (K)
2
1,33 < Skor ≤ 2,33
Cukup (C)
3
2,33 < Skor ≤ 3,33
Baik (B)
4
3,33 < Skor ≤ 4,00
Sangat Baik (SB)
d.             Penghitungan Nilai Sikap adalah dengan cara :
1)         Menentukan Skala penilaian sikap dibuat dengan rentang antara 1 - 4, contoh :
1.     = sangat kurang;
2.     = kurang konsisten;
3.     = mulai konsisten;
4.     = konsisten;
2)         Menetapkan pembobotan dan rumus penghitungan
3)        Pembobotan ditetapkan oleh Satuan Pendidikan dengan mempertimbangkan karakteristik sekolah dan peserta didik
4)        Nilai Proses atau Nilai Observasi disarankan diberi bobot lebih besar dari pada Penilaian Diri Sendiri, Nilai Antarteman, dan Nilai Jurnal Guru karena lebih lebih mencerminkan proses perkembangan perilaku peserta didik yang otentik.
5)        Contoh : Pembobotan  2 : 1 : 1 : 1 untuk Nilai Observasi : Nilai Penilaian Diri Sendiri : Nilai Antarteman : Nilai Jurnal Guru (jumlah perbandingan pembobotan = 5.
6)        Rumus penghitungan:


                           Jumlah nilai (observasi,diri sendiri, antarteman,jurnal)
                        -------------------------------------------------------------------- x 4
                                        Jumlah nilai maksimal
Siswa A dalam mata pelajaran bahasa Indonesia memperoleh :
        Nilai Observasi                       =  4
        Nilai diri sendiri                     =  3
        Nilai antarpeserta didik          =  3
        Nilai Jurnal                            =  4
        Nilai Rapor                            = {(2x4)+(1x3)+(1x3)+(1x4)} : 20 x 4        
                                                       = (18:20) x 4 = 3, 6
        Nilai Konversi                       = 3,6 =  Sangat Baik
               Deskripsi              = Memiliki sikap Sangat Baik selama dalam proses  pembelajaran.

[]

Tags

v


^